SAYA CINTA BASKET INDONESIA

<div class="wp-caption alignnone" style="width: 598px"Season 1996-1997

Season 1996-1997

Terkadang gw suka ngerasa miris kalo mau ngangkat topik pembicaraan tentang perbasketan tanah air di sela-sela obrolan bersama teman. Rata-rata mereka sedikit malas, ataupun dengan alasan udah ga update lagi, hanya angkatan-angkatan lamanya saja yang mereka tau, itupun sudah pensiun.

Gw cuman bisa mencibir, cinta mereka terhadap basket sangat dangkal.

Ok, apa gw terlalu freak, dengan menghabiskan masa-masa remaja gw dengan menghapal para pemain basket, baik itu lokal, ataupun NBA. Tapi gw rasa ga berlebihan. Ini bentuk kecintaan gw terhadap basket.
Alih-alih bisa berdiskusi atau sekedar berbincang, gw cuman bisa nyampah di situs jejaring sosial seperti twitter karena kurangnya teman bertukar pikiran dalam topik yang sama.

Besar harapan gw kalo suatu saat terdengar obrolan-obrolan ringan seputar NBL ( National Basketball League ), di sudut-sudut cafe, perdebatan seru di halte busway tentang perpindahan pemain, dan lain lain.

Gw yakin, cita-cita gw bukan cuman isapan jempol biasa. Ya, gw punya sebuah ide ( kalo boleh dibilang sih ” IDE GILA ”😛 ). Here’s the deal…

Mungkin sebagian dari kita ada yang masih ingat kalo gw nyebut nama PANINI. Mungkin sebagian dari kita juga ada yang terkena demam mengumpulkan stiker pemain-pemain NBA untuk melengkapi album collectionnya di masa waktu 1993 hingga 1995 ( 2 musim kompetisi ).
Ya, PANINI yang itu.

Mungkinkah ide ini diadopsi oleh pengurus-pengurus NBL bagian promosi? Sini gw bisikin … ” Kenapa engga’ ?
Dengan pangsa pasar anak SD hingga SMA, dan ( mungkin ) ditambah iming-iming hadiah, bukan tidak mungkin semakin banyak adik-adik kita yang mengenal roster, cadangan, statistik, dari para pesohor basket tanah air. Para pengumpul stiker ini mungkin awalnya hanya diawali oleh pecinta basket saja, tapi kita tidak pernah tau seberapa hebat kekuatan ” demam “. Gw akui, dulu lebih menyukai sepakbola dan renang. Ketika itu gw ngeliat teman-teman bertukar stiker, yang lama lama bikin gw penasaran sampai akhirnya gw ikut ngumpulin. Dan akhirnya, selain kebanggaan karena berhasil melengkapi seluruh slot stiker ( Damn, gw bener-bener ngarepin dapet hadiah sepatu Nike-nya Charles Barkley :p ), gw jadi hapal semua pemain NBA. Bukan sekedar Michael Jordan saja, tapi hingga siapa itu Scott Skiles, Popeye Jones, Jamal Mashburn, gw bisa nyebutin statistiknya. Gw kenal, makanya gw sayang. Dan akhirnya gw berani bilang, sekarang gw LEBIH basket daripada temen gw yang dulu ikut ekskul basket. Gw yakin, adik-adik kecil yang sekarang sudah suka basket, dengan adanya IDE GILA gw, mereka bisa memberi efek pada teman lainnya yang belum suka, dan bukan tidak mungkin banyak ” GW ” yang baru :p.

PANINI NBL 2010-2011. Wuidiiiih, merinding gw dengernya. Ngebayangin di lembar tim Garuda, adik-adik kecil kita nempelin stiker Andre Tiara, atau siapapun jagoan mereka masing-masing. Dan mereka mulai bertukar informasi tentang seputar pemain dll. Mereka kenal, mereka sayang. Bukan saja pemain yang terkenal yang jadi idola. Seperti gw yang memilih Reggie Miller sebagai idola daripada Michael Jordan. Di era keemasan Romy Chandra dan Antonius Djoko, gw milih Suko Daryono jadi jagoan gw. Begitu juga ketika semua mata tertuju pada kehebatan si lokomotif Lolik, gw lebih menyenangi perkembangan pemain muda Andi Poedjakesuma yang lebih dikenal dengan Andi Batam dan dengan yakin gw berani memprediksi bahwa dia akan ” berbicara ” banyak di perbasketan tanah air.
Hey, udah gw bilang kan sebelomnya, ini hanya sebuah ide gila? :p.

Oke kembali ke ide gila ini, untuk hadiah, memang PS3 jauh lebih menggiurkan, tapi gw lebih suka jika pemilihan hadiah oleh panitia tertuju pada “kebanggaan”. Sebutlah jersey dengan tandatangan, tiket terusan satu tahun kompetisi, sepatu Basket, bola basket, dll. Tepat sasaran.
Sekali lagi, ini ide gila gw :p.

Kepada pengurus NBL, gw menaruh harapan besar dipundak kalian, dan gw yakin, kalian punya program-langkah-rencana besar untuk memasarkan NBL dengan cara yang ” sedikit lebih wajar ” daripada ide gila gw. Tapi gw yakin, kita satu visi dan misi. Membayangkan ketika mereka-mereka ( generasi muda basket Indonesia ) ini beranjak dewasa, ngobrol di cafe-cafe, di sudut kantin sekolah, di dalam angkot,tentang dunia basket.
Mereka kenal, maka mereka sayang, tentang dunia basket.
BASKET TANAH AIR.
INDONESIA.

Satukan langkah, rapatkan barisan,
Jayalah Basket Indonesia.

( didedikasikan untuk ” ring basket ” Mesjid Ar-Rahman Komplek Guruminda Bandung yang menjadi lembaran awal di kehidupan basket gw.😀 )

Categories: celotehsierik, sieriksukabasket | 4 Comments

Post navigation

4 thoughts on “SAYA CINTA BASKET INDONESIA

  1. gosh, this is a great idea!!

    Bisa dimulai dari ‘ngeracunin’ adik-adik DBL nih.. Sudah disampaikan idenya ke Azrul Ananda?

  2. Well, thank you!🙂

    Iya, bener. “ngeracunin” adalah kata yang tepat🙂
    Wah, belom tuh, mungkin nanti temen gw ( @mainbasket ) mau bantu menyampaikannya😀.

  3. mainbasket

    Satu kata untuk lu Rik, umur lu sekarang berapa yaa? hahahaaa..

  4. Satu kalimat, Dan. ” Cukup tua buat ikut andil, tapi ga ada yg telat kan? ” :p. Hahahahahak

Leave a Reply

Create a free website or blog at WordPress.com.

